Langsung ke konten utama

Unggulan

WISATA TANGKAHAN LANGKAT

WISATA TANGKAHAN sesi foto dengan gajah, tidak gratis ya Jarak Medan ke Tangkahan di Langkat sejauh dua jam tiga puluh menit. Dari Medan ke Tangkahan jalan yang ditempuh cukup baik namum beberapa tempat  atau semakin dekat lokasi jalannya kurang baik karena mobil berjalan lambat. Kebun sawit jadi penanda kita kita akan masuk ke dalam lokasi dan pada hari libur ada antrian untuk membayar biaya masuk area saya lupa biayanya tapi sangat murah namun ini bukan biaya semuanya. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi di lokasi ini yaitu a. Wisata Sungai Batang Serangan setelah  memarkirkan mobil (ada biaya parkir) kami makan siang lebih dahulu. Banyak warung makan di lokasi ini. Setelah kami turun ke sungai. Karena kami datang saat liburan maka sungai dipenuhi dengan orang. Jika ingin menikmati sungai dengan lebih lama dapat menyewa lapak yang saat liburan harganya naik. Dalam foto dibawah ada beberapa tenda birru itu adalah lapak. di lapak sudah disediakan tikar untuk duduk dan manruh bar

Kesetiaan Di Batu Hoda

KESETIAAN DI BATU HODA

Pantai Batu Hoda terletak di desa Cinta Dame, Simanindo, Pulau Samosir. Kata Hoda sendiri dalam bahasa batak berarti "kuda".  Ada kisah menarik dari kisah Batu Hoda ini. Alkisah kuda jantan dan kuda betina berjanji untuk bertemu di pantai ini. Kemudian kuda betina datang menunggu kuda jantan namun kuda jantan tidak kunjung datang. Kuda betina disarankan oleh masyarakat untuk kembali ke tempat asalnya namun kuda betina memutuskan untuk tetap menunggu walaupun harus menjadi batu. Karena kuda jantan tidak juga datang maka kuda betina menjadi batu. Jadi Batu Hoda berlatar kisah kesetiaan seorang perempuan. Menarik ya,  beberapa cerita rakyat lainnya di Indonesia berkisah tentang perempuan menjadi batu kecuali kisah si Malinkundang. Menuju ke tempat ini sepertinya lebih dekat jika dari Medan lewat Pematang Siantar lalu naik Ferry di Parapat dan turun di Pelabuhan Simanindo.

Selain cerita rakyat yang menarik pemandangan pantai Batu Hoda juga menarik. Dari Batu Hoda kita bisa melihat  gunung atau dinding alam di depannya.  Kita dapat melihat beberapa kabupaten dari tempat ini yang dikatakan sebagai titik 0 (Nol) dari Pulau Samosir. Kita dapat melihat kabupaten  Simalungun, Karo, Dairi dan Samosir sendiri.  Jadi di pantai ini sejauh mata memandang kita melihat pegunungan.

titik nol pulau Samosir

Yang menarik juga adalah pantai ini dikelola secara profesional. Di era covid, kami masuk dengan discount, yang biasanya Rp. 14.000 hanya bayar Rp. 10.000 perorang lalu parkir mobil yang biasa Rp. 10.000 per mobil menjadi Rp. 5.000 per mobil. Semua pengunjung harus menggunakan masker dan juga ditanyakan apakah membawa handsanitizer. Mobil akan disemprot dengan disinfektan. Pantainya sangat bersih, banyak tempat sampah yang disertai dengan himbauan yang unik. Selain untuk berenang kita juga dapat berswafoto di tempat ini dengan latar belakang yang menurut saya bagus. Saya datang sudah jelang sore besoknya ketika melewati tempat ini di siang hari nampak antrian kendaraan di pintu masuk dan beberapa mobil diparkir di jalan raya sepertinya untuk antri masuk ke pantai.

Jujur saja dari beberapa tempat wisata  di seputaran danau Toba tempat ini tergolong sangat bersih. hanya Nyong usu yang berenang di tempat ini, kami tidak membawa persiapan untuk berenang dan membawa baju pengganti. Ingin juga lebih lama di pantai ini namun karena akan tutup maka kami segera kembali ke Pangururan tempat kami menginap di penginapan Saulina Resort untuk menikmati ikan Bakar yang khas di penginapan ini, menikmati danau Toba di pagi hari juga ingin menikmati mie gomak dan lapet di rumah makan terdekat. Jika ada waktu kami kembali ke pantai Batu Hoda  pasti saya akan berenang.  Yang tetap menarik buat saya adalah pantai ini dilatar belakangi kisah kesetiaan. Terkadang kita belajar kesetiaan tidak hanya dari manusia tetapi bisa juga dari binatang.

Berikut makna "setia" dalam bahasa Batak Toba :

Balang Adongma Nasida Na Ambul Marpogo Di Sada Todoan Balang Mandamosi Lan Parsorionna

Setia, adalah mereka yang mampu bertahan pada satu pilihan & setia mendampingi apapun keadaannya